TECHTalk 2018

Jakarta – Departemen Internal HMIK pada 23 Februari 2018 mengadakan seminar TECHTalk. Apa saja yang dibahas di TECHTalk kemarin? Bagi yang belum berkesempatan hadir di seminar kemarin jangan gak perlu khawatir, karena mimin akan sedikit mengulas tentang apa aja poin penting dari TECHTalk kemarin

TECHTalk sendiri merupakan seminar yang membahas teknologi informasi, essentially for Fintech or financial technology

Di era informasi yang serba teknologi ini menuntut kita untuk menggunakan layanan yang berbasis teknologi, tak terkecuali di industri bisnis keuangan dan juga keperluan bayar-membayar kita sehari-hari. Kalian tau Tcash kan, salah satu layanan uang elektronik terkenal dari TELKOMSEL? Tcash juga yang termasuk salah satu layanan di industri Fintech yang sedang booming saat ini

Fintech in Indonesia

Kenapa perusahaan di Indonesia berlomba-lomba untuk terjun ke dunia Fintech?
Data menunjukkan bahwa,
– 60% warga Indonesia tidak memiliki rekening bank
– Hanya terdapat sekitar 36% orang-orang yang memiliki bank account yang berusia diatas 15 th .
– 83% pembayaran dilakukan melalui cash
– Terdapat sekitar 133% pengguna handphone di Indonesia.
Artinya, rata-rata dari 10 orang di Indonesia memiliki sebanyak 13 handphone. Jumlah yang sangat exciting bukan melihat ketergantungan orang indonesia terhadap telepon seluler sangatlah besar. Saat ini everythings goes mobile, dengan handphone kita bisa melakukan banyal hal. Transaksi non cash saat ini terdiri dari 3 macam (kredit, debit, e-money). Dari data ini, terlihat bahwa usaha Tcash di Indonesia memiliki peluang besar dengan pasar yang sangat luas.


Apakah itu TCash ?

Tcash ini sudah bisa digunakan di 34 provinsi di indonesia dan bisa dipakai di Merchant (toko) yang memiliki layanan Tcash. Saat ini ada sekitar 50.000 Merchant yang melayani pembayaran melalui Tcash dengan total sekitar 15 juta pengguna di semua kalangan. Secara garis besar pengguna Tcash dapat dibedakan menjadi 2 : Lifestyle users (yang kesehariannya sering menggunakan Tcash) dan Micro Users.


Kegunaan TCash

Saat ini Tcash sudah bisa digunakan dimana-mana. Bisa untuk Bill payment (membayar tagihan apapun), Online payment, Lending, Insurance, Saving, Airtime top up, p2p (person to person) transfer, remittance, Offline Payment, dan juga Transfer antar pengguna.


Bagaimana Cara Menggunakan TCash

Untuk menggunakan layanan Tcash kalian harus membeli beli sticker Tcash dan punya nomor TELKOMSEL. Untuk aktivasinya bisa melalui aplikasi TCASH Wallet yang bisa kalian download secara gratis di PlayStore atau Toko Aplikasi lainnya, bisa juga dengan menghubungi *800*88*6-digit-PIN# (jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan PIN kalian yaa). Kalian bisa melakukan pengisian saldo TCASH melalui rekening bank (ATM, mobile banking, atau intenet banking), Indomaret, Alfamart, dan GraPARI dan dapatkan kebebasan bertransaksi dimanapun kalian berada. Pakai TCASH, semua gampang!

Gimana? Seru banget kan acaranya? Jangan sampai ketinggalan acara-acara HMIK selanjutnya ya Palkomers!
Tetap semangat dalam berkarya, untuk almamater dan Indonesia

Salam,
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Pertamina (HMIK UP)
Kabinet Kerja Cerdas
Line@ HMIK: @tra8590l
Instagram: @hmik.up

Sponsored by Telkomsel

Dokumentasi 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *