Sekilas tentang Deep Learning

 

[WEEKEND REFRESH #6]

Seperti biasanya artikel mingguan ada lagi nih. Setelah melewati UTS, biar semangat balik lagi mungkin teman – teman bisa baca artikel HMIK yang satu ini! Jadi, kali ini mimin akan membahas tentang pengenalan “Deep Learning” yang menjadi tren di dunia IT pada saat ini loh. Penasaran kan seperti apa?🤔 Yuk disimak guys❗❗❗

Apa sih “Deep Learning” itu sebenarnya?

Deep learning merupakan suatu metode dalam kecerdasan buatan yang digunakan untuk membuat mesin melakukan suatu hal layaknya manusia seperti dapat berpikir dan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan data – data yang ada.

Terinspirasi dari bagaimana otak kita bekerja dan mampu membuat koneksi pada tubuh kita, muncullah ide baru yaitu Deep Learning yang membuat satu hal dengan hal lainnya dihubungkan. Ide dari Deep Learning tujuannya adalah agar mesin mampu melakukan hal ini – itu serta dapat berpikir seperti manusia bahkan dapat melebihi kemampuan manusia. Tidak hanya itu, metode ini dapat ‘memahami’ data secara keseluruhan dan tidak hanya dibatasi hanya dapat melakukan satu tugas atau perintah saja, bahkan dapat melakukan berbagai macam tugas dari data yang ada.

Kata ‘deep’ pada Deep Learning ini dapat berarti sebuah sistem menjadi ‘sangat cerdas’ untuk mengklasifikasikan data lebih banyak dan lebih akurat serta dapat mempelajarinya lebih baik. Yang paling penting dari semua ini yaitu sistem dapat meningkatkan dirinya sendiri dan belajar dari kesalahan. Keren bukan?

Nah, kita udah bahas seputar apa sebenarnya “Deep Learning” itu. Sekarang Deep Learning itu gunanya untuk apa sih?

Deep Learning dapat digunakan untuk fitur – fitur mobil tanpa kemudi, misalnya untuk membantu teknologi mobil tanpa kemudi mengidentifikasi berbagai macam rambu lalu lintas dan menghindari kecelakaan saat berkendara. Dan juga pada sektor manufaktur, pada industry game seperti permainan Go, dalam dunia medis untuk menentukan racikan obat secara presisi dan berbagai analisis, dan masih banyak lagi.

Sekian, semoga bermanfaat nih informasi yang mimin dapat bagikan kali ini. Terima kasih👋😄

Dilansir dari : https://tech.economictimes.indiatimes.com/news/technology/what-is-deep-learning-and-which-areas-will-it-make-an-impact/63226644

Salam,
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Pertamina (HMIK)
Kabinet Kerja Cerdas
Line@ HMIK : @tra8590l
Instagram : @hmik.up
Website : http://www.hmik-up.com/
CP : Muhammad Dzaky Normansyah (082217212700)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *