Sekilas tentang ANGULAR Framework

[WEEKEND REFRESH #4]

Apa itu ANGULAR?
Angular merupakan framework javascript yang memungkinkan kita untuk membuat reaktif SPA. SPA (Single Page Aplication) adalah aplikasi yang berjalan hanya pada satu halaman dan tidak membutuhkan reload page meskipun di url nampak berpindah halaman.

Dilansir dari “The Most Web Frameworks Among Seed and Early-Stage Starups” yang diikuti oleh 217 companies, Angular menempati urutan pertama sebagai Web Frameworks yang paling banyak digunakan. Terdapat perbedaan yang sangat jauh pada beberapa versi di angular, yaitu: Angular 1 atau AngularJS, Angular 2 dan Angular 4

AngularJS
Angular JS adalah versi angular pertama yang juga popular karena menjadi bagian dalam pembuatan web apps.

Angular 2
Angular 2 adalah versi angular yang dibuat ulang dari angularJS. Karena itu, struktur dan komponen yang terdapat di Angular 2 juga berbeda. Pada angular 2 juga menggunakan Typescript sebagai bahasa pemrogramannya. Typescript yaitu bahasa superset dari javascript yang sudah dicompile.

Tidak ada persamaan antara angular 2 dengan Angular 1 / AngularJS, jadi jika kalian belajar Angular 2 akan sangat berbeda dengan AngularJS. Bagi kalian yang belum belajar angular, mimin sarankan untuk langsung belajar versi Angular 2.

Angular 4
Sedangkan Angular 4 merupakan kelanjutan dari Angular 2 yang masih dalam satu “rumpun”. Pembaruan di versi 4 dari versi 2 tidak terlalu merubah total seperti perubahan Angular 1 ke Angular 2. Karena itu untuk Angular 2 dan Angular 4 sering hanya disebut Angular, selain itu pembaruan kedepannya juga menggunakan konsep Angular ini.

Jika kalian ingin lebih mengenal Angular, kalian bisa langsung mengunjungi web berikut
Angular.io

Sumber: Crunchbase

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *