Mengapa Penting Mengikuti Kompetisi?

Kompetisi merupakan salah satu langkah yang baik untuk melewati masa muda. Kompetisi juga merupakan salah satu fasilitas untuk menyalurkan bakat kita. Banyak diantara kita yang mungkin tidak tau adanya bakat yang terpendam di dalam diri kita, karena masa muda adalah masa pencarian bakat dan jati diri. Tetapi ada juga anak-anak muda yang menyimpan bakatnya. Mungkin karena beberapa faktor yang menyebabkan keengganan mengikuti kompetisi atau hanya karena ‘menyerah sebelum berperang’. Oleh karena itu, kalian yang ikut berkompetisi lebih beruntung dibanding mereka.


Pentingnya Kompetisi?

1. Membangun sikap berani dan Kompetitif dalam diri kita

Dari sebuah wawancara seorang bapak pengamat pendidikan di Indonesia (mimin lupa siapa namanya), beliau menjelaskan bahwa sikap kompetitif bukan semata-mata tentang persaingan untuk menjadi nomor satu. Sikap kompetitif merupakan sikap kita untuk dapat bergerak maju secara bersama-sama yang malah dipicu dengan dorongan dari persaingan itu sendiri gaiss. Dengan berkompetisi kita juga diharapkan mampu menganalisis sebab-musabab baik dari kondisi internal maupun eksternal yang ada sehingga seseorang tersebut dapat bersaing. Dan juga, ketika kalian sudah memutuskan untuk ikut andil dalam kompetisi apapun, kalian sudah memutuskan untuk berani. Baik berani melawan rasa malas, sikap meremehkan diri sendiri, dan bisikan-bisikan negatif lainnya.

2. Menambah pengalaman dan Track Record kalian

Mengikuti kompetisi juga akan memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi kita di masa yang akan datang. Setelah lulus dari Universitas beberapa dari kalian pasti ada kan yang ingin langsung bekerja. Semakin banyak kalian memenangkan suatu perlombaan, akan ada banyak Track Record yang menghiasi CV kalian gaiss. Hal ini bisa menjadi senjata kalian untuk mendapatkan peluang accepted yang lebih besar. Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi, Track Record ini juga akan meningkatkan peluang kalian untuk mendapatkan beasiswa ke Universitas bergengsi di mancanegara.

3. Mendapatkan banyak teman dan relasi baru yang berkualitas

Seperti yang kita tau, setiap peserta yang mengikuti perlombaan merupakan wakil yang dipilih melalui Universitasnya masing-masing. Artinya, mereka telah melalui berbagai macam seleksi dan merupakan seseorang yang terbaik di Universitasnya. Dari pengalaman mimin sendiri, setiap mengikuti kompetisi mimin selalu mendapat teman baru yang sampai saat ini kami masih berhubungan baik dan sering bertukar pikiran dan bercerita tentang kehidupan masing-masing. Begitu juga dengan kalian, mengikuti suatu kompetisi bukan semata-mata tentang menang dan kalah. Kalian juga bisa (baca:harus) menjalin pertemanan dengan orang-orang hebat ini. Jadikan momen-momen ini untuk menjalin hubungan baik dengan mereka yaa. Jangan lupa untuk bertukar nomor kontak kalian. Siapa tau nih yaa, kompetisi adalah momen kalian untuk bertemu dengan jodoh kalian heheee 😘

4. Mendewasakan diri kita dengan mengerti apa makna dari kegagalan

Semua hal di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan dan berkesinambungan gaiss. Ada hitam ada putih. Ada tinggi ada rendah. Ada kemenangan, ada pula kegagalan. Berdasarkan pengalaman mimin sendiri, kegagalan itu adalah suatu hal yang sangat penting gaiss. Dari kegagalan semangat juang kita dapat ter-asah. Dan dari kegagalan pula kita diajarkan untuk menghindari sifat sombong. Kenapa? Karena kegagalan membuat kita sadar bahwa diatas langit masih ada langit dan diatasnya masih ada langit lainnya. So, jangan takut untuk gagal dalam mengikuti suatu perlombaan ya gaiss. Justru jadikan dia menjadi sebuah penyemangat dan pengalam berharga kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *