Indonesia Android Kejar Universitas Pertamina

Jakarta – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Pertamina telah mengadakan workshop android yaitu Indonesia Android Kejar (IAK). IAK merupakan program pelatihan yang diusung oleh Google Developers Indonesia untuk mencetak developer android dalam mengembangkan aplikasi mobile. Program berbasis komunitas ini menggunakan materi online yaitu Udacity dan dipadukan dalam bentuk kelompok belajar secara offline. Alzahid Muhasabah dari CS ’16, mengusung kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Pertamina dan menjadi fasilitator tingkat Beginner dalam kegiatan ini. IAK sudah berlangsung selama 2 batch. Batch 1 dilaksanakan pada 11 – 12 November 2017 dan Batch 2 pada 20 – 21 Januari 2018. 

 

Seputar kegiatan


Acara yang berlangsung selama 2 hari yaitu Sabtu & Minggu ini dilaksanakan di lab komputer lt. 4 Griya Legita. Hari pertama membahas seputar pengenalan IDE Android Studio serta familiarisasi fungsi-fungsi pada Android Studio. Setelah itu, peserta belajar syntax-syntax dasar dalam XML dan menggunakan berbagai macam atribut view seperti TextView, ImageView, serta layout antar view untuk mendesain tampilan android. 

Jika pada hari pertama peserta telah belajar mendesain tampilan dalam android, maka di hari kedua peserta belajar bagaimana tampilan tersebut dapat berfungsi apabila diklik dengan menggunakan bahasa Java. Peserta diajari struktur dasar syntax Java dalam konsep OOP dan mengaplikasikannya untuk membuat tampilan yang interaktif. Kemudian peserta mengaplikasikan XML dan Java dalam bentuk aplikasi sederhana seperti  program pemesanan barang dan kuis tebak lagu. Diakhir kegiatan, peserta diminta mengerjakan projek akhir untuk membuat aplikasi dengan menerapkan semua yang telah dipelajari yang mana pengumpulan projek tersebut akan menentukan kelulusan peserta dalam rangkaian kegiatan IAK.

Peserta Indonesia Android Kejar diharapkan menyelesaikan semua inti dari kursus online Udacity dan menerapkannya pada kelas offline. Setelah mengikuti rangkaian kegiatan, peserta diharapkan memiliki skill dalam mengembangkan aplikasi android sederhana dengan mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari selama kelas offline dan kelas online di Udacity.

 

Dokumentasi 


Aktivitas Peserta

Picture 1 of 4


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *