Mengintip Serunya Game Karya Mahasiswa CS di Game Expo 2018

Jakarta – Pada hari Minggu, 22 April 2018 lalu, program studi Ilmu Komputer mengadakan Game Expo yang bersamaan dengan Ujian Masuk 4 Universitas Pertamina. Game Expo ini diadakan dalam rangka tugas besar mata kuliah Object-Oriented Programming atau Pemrograman Berbasis Objek di semester 4 oleh angkatan 2016. Terdapat 9 kelompok yang menampilkan hasil karyanya pada stand masing-masing yang didirikan di selasar GOR depan gedung Griya Legita.  Pengunjung yang datang berasal dari berbagai kalangan, sebagian besar yaitu calon mahasiswa yang telah mengikuti ujian masuk di lobi Griya Legita. Banyak juga anak-anak yang sedang menunggu kakak-kakaknya ujian, sembari mencoba berbagai macam game yang dipamerkan.
Game-nya seru, mau coba lagi masih penasaran.” ujar seorang anak bernama Nathan, yang sedang mencoba salah satu game sambil menunggu kakaknya yang sedang ujian. Selain pameran game, Ilmu Komputer juga menjajakan stand dari Departemen Kewirausahaan HMIK yang menjual jajanan seperti gorengan, es teh tarik, hingga pulsa/kuota dari Sagawir.

Untuk informasi, semua game yang dipamerkan pada Game Expo ini dibuat dengan bahasa pemrograman C++ serta library Allegro v5.2.4. Ingin tau seperti apa saja game karya mahasiswa Ilmu Komputer 2016? Let’s check it out!


1. Gaspol!

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata Gaspol? Game racing? Mobil balap? You name it. Gaspol adalah game ber-genre Arcade dan Infinite Runner yang mengharuskan pemain untuk berkonsentrasi mengendalikan dua buah obyek secara bersamaan di lintasan berkecepatan tinggi sambil menghindari berbagai macam rintangan yang menghadang. Rintangan terdiri dari tembok-tembok dan pemain harus berusaha bertahan hidup selama mungkin untuk mendapatkan skor tinggi.

Game ini dibuat oleh:

  1. Muhammad Tuni Subayu – 105216021
  2. Refal Pradam Dahlan – 105216029
  3. Aditya Dewata Putra – 105216008
  4. Adam Marsono Pura – 105216001
Screenshot Gaspol

Gaspol1Gaspol2Gaspol3 Gaspol4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

[collapse]

2. Ngulet

Masih ingat game  “Snake” di handphone nokia keluaran lama? Mari bernostalgia dengan main game Ngulet. Game ini mirip seperti game “snake” dengan tampilan yang lebih cantik. Anda akan memainkan seekor ulat yang lapar. Ulat ini kemudian memakan makanan yang tersedia untuk memuaskan rasa laparnya. Setiap kali ulat makan, akan ada efek yang dapat mempengaruhi ulat tersebut dan bergantung pada makanan yang dimakan oleh sang ulat. Tugas anda adalah meraih skor setinggi – tingginya dan memuaskan rasa lapar sang ulat.

Ulat bergerak otomatis sesuai dengan arah kepalanya. Untuk mengubah arahnya pemain dapat menekan tombol arrow (up, down, left, right). Setiap kali ulat memakan makanan biasa (gambar apel), maka skor akan bertambah 10. Ada beberapa makanan spesial yang muncul setiap kali ulat sudah memakan 3 makanan biasa. Berikut ini daftar makanan spesial:

  1. Big, dimana setiap kali ulat memakan makanan ini skor bertambah 20
  2. Fast, dimana kecepatan ulat akan bertambah
  3. Slow, dimana kecepatan ulat akan berkurang
  4. Confused, dimana untuk mengubah arah ulat maka pemain harus menekan tombol yang berlawanan, misal pemain ingin mengubah arah ulat menjadi ke atas, maka pemain harus menekan tombol arrow down, dan seterusnya
  5. Poison, dimana ekor ulat berubah menjadi tembok dan skor ulat berkurang 5
  6. Random, dimana efek yang terjadi saat memakan makanan ini merupakan efek dari makanan spesial 1 – 5 dan tidak akan diketahui efeknya sampai makanan ini dimakan

Untuk efek makanan spesial 2 – 4, efeknya akan berjalan sampai ulat makan 2 makanan biasa. Selama ulat berada dalam pengaruh makanan spesial 2 atau 4 (fast / confused), skor saat ulat memakan makanan biasa akan bertambah menjadi 20

Game ini dibuat oleh:

  1. Adikara Perkasa B. Tjaru – 105216024
  2. M Rizky Widyayulianto – 105216026
  3. Andika Dwi Gutomo P – 105216016
  4. Sabila Hadinnisa – 105216002
Screenshot Ngulet

[collapse]

3. Twaster

Berasal dari kata Time Waster, Twaster merupakan game bergenre Adventure dimana anda harus memainkan bola yang akan berjalan terus-menerus pada sebuah track acak. Bola harus tetap berada pada track yang disediakan. Apabila bola mengenai wall maka permainan akan berakhir.

Game ini dapat dimainkan hanya dengan keyboard dengan panah yang digunakan adalah kanan dan kiri. Cara memainkan nya adalah dengan menekan tombol panah kanan setiap track mengarah ke kanan dan kiri setiap track mengarah ke kiri. Tiap bola yang mengenai wall maka game akan berakhir. Score akan bertambah selama bola tetap berjalan, penambahan score terjadi setiap bola melewati setiap 1 kotak yang ada dalam track.

Game ini dibuat oleh:

  1. Laras Ijmania K – 105216014
  2. Cipta Aditya R – 105216020
  3. Shelvy Intan S – 105216032
  4. M. Deta Aditya – 105216051
Screenshot Twaster

 

 

 

 

 

 

 

 

[collapse]

4. Castle Escapist

Bagi kalian pecinta game bergenre Maze dan Puzzle, maka game yang satu ini cocok banget nih. Disini kalian berperan sebagai Querque, seorang ksatria dari kerajaan Nurnberg yang ditugaskan untuk membebaskan Pangeran Charles dari Kastil Verhard yang terkenal sebagai kastil terketat di bawah kekuasaan Kerajaan Berger. Sebagai satu satunya ksatria yang bisa melakukan infiltrasi ke kastil lawan. Maka dimulailah petualangan Querque menyelamatkan Pangeran Charles.

Game ini menggunakan keyboard sebagai basis permainan yaitu bergerak dan menghindari prajurit musuh dan rintangan. Berbagai rintangan akan dihadapi oleh pemain. Setiap rintangan akan memiliki item yang akan menghilangkan efek dari rintangan tersebut seperti Velvet Cloak yang akan menghindarkan Pemain dari efek lava dan Shoes of Gripness yang akan menyebabkan pemain dapat berjalan secara normal di lantai es. Tujuan utama dari Game adalah mengawal Querque untuk mencapai Sapphire Gate, Gerbang yang akan mengantarkannya ke maze lainnya di dalam Kastil Verhard, mengantarkannya lebih dekat kepada Pangeran Charles.

Game ini dibuat oleh:

  1. M. Redho Darmawan – 105216012
  2. M. Qubaisy Andiyantama – 105216025
  3. M. Herdiansyah – 105216046
  4. Fitri Karimah – 105216033
Screenshot Castle Escapist

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

[collapse]

5. Mahasiswa Ambis

Kamu mahasiswa ambis? Cobain game ini! Game bertipe platformer ini menceritakan tentang lika-liku perjalanan seorang mahasiswa menuju kelulusannya. Sepanjang perjalanan, mahasiswa harus melewati banyak rintangan dan mengambil item-item sepeti buku untuk kelulusan, gorengan untuk menambah nyawa dimana 1 gorengan hanya bisa diambil seharga 2 koin (1 gorengan = -2 koin & +1 nyawa), serta koin untuk membeli gorengan. Rintangan yang ada dalam game yaitu kucing yang apabila mahasiswa mengenai kucing tersebut, akan terkena knockback effect dan -1 nyawa. Kemudian mahasiswa musuh yang jika terkena, efeknya sama seperti terkena kucing, namun mahasiswa musuh ini dapat dilenyapkan dengan cara diinjak melalui atas kepalanya. Terdapat 2 level pada game ini dimana pada level 2, terdapat 2 orang mahasiswa musuh sebagai last boss yang bergerak menghalangi kita untuk mencapai gedung kampus.

Game ini dapat dimainkan dengan tombol panah atas, kiri, dan kanan. Tombol kiri dan kanan untuk bergerak maju dan mundur, tombol atas untuk lompat, dan tombol spasi untuk super jump.

Game ini dibuat oleh:

  1. Vicky Sultan Ahmad – 105216010
  2. Megandi – 105216053
  3. Cleoputra Goldi A – 105216023
  4. Adhytia Ihza Mahendra – 105216040
  5. Moch. Daffa Sangaji – 105216047
Screenshot Mahasiswa Ambis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

[collapse]

6. Kept Inside

Pecinta game horor? Ini game yang pas buat kamu! Game bergenre Point and Click Adventure dan Horror ini mengisahkan seorang wanita pekerja yang baru saja pulang dari bekerja, anda memutuskan untuk mengambil jalan pintas melewati taman kota di malam hari, anda melihat seseorang mengikuti anda dari belakang, itulah yang terakhir diingat mengenai perjalanan pulang anda. Sekarang anda berada di kamar yang terkunci, anda tidak tahu siapa pemilik dari kamar tersebut dan mengapa kamarnya terkunci, anda harus mencari jalan keluar.

Game ini dimainkan penuh menggunakan mouse saja, pemain dapat berpindah tempat dengan klik tanda panah yang berada di game, pemain juga dapat menemukan benda-benda, catatan serta petunjuk yang dapat membantu pemain untuk keluar dari ruangan, setiap anda menemukan hal-hal yang baru saja disebut pemain akan mendapatkan poin.

Game ini dibuat oleh:

  1. Birgitta Sekar Winda S – 105216009
  2. Arie Ardiansyah Siswanto – 105216015
  3. P. B. Ebelaristra – 105216030
  4. Afriansyah – 105216042
Screenshot Kept Inside

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

[collapse]

7. 8 Liters Game

Suka kimia? Rindu masa-masa praktikum kimia di lab? Kalian wajib coba game ini! Game ini berlatar pada sebuah laboratorium kimia. Terdapat 8 liter air dan 8 liter minyak. Selain itu terdapat pula 3 gelas kimia dengan ukuran dan karakteristik yang berbeda. Gelas pertama berisi semua cairan yang tersedia, gelas kedua kosong, dan gelas ketiga kosong namun memiliki keunikan yakni terdapat suhu yang akan terus bertambah apabila gelas tersebut diisi cairan. Seorang laboran ingin memisahkan 8 liter cairan dalam satu gelas dengan jumlah langkah pemindahan cairan tepat 13 kali.

Permainan ini dimainkan dengan menggunakan mouse saja, pemain dapat memindahkan gelas dengan klik pada gelas yang akan dipindah, lalu pemain dapat memindahkan cairan dengan klik tombol putih pada pipa paling atas agar pipanya terhubung. Lalu untuk menurunkan gelas, pemain dapat mengarahkan mouse pada tombol ‘down’ lalu diklik. Setiap langkah benar akan menambah poin, sedangkan langkah yang salah akan mengurangi poin.

Game ini dibuat oleh:

  1. Aries Dwi Prasetiyo – 105216034
  2. Muharik – 105216048
  3. Sahrul – 105216044
  4. Nugi Gahara Yasa – 105216031
Screenshot 8 liters game

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

[collapse]

8. Programmer vs Project Manager

Game ini cocok banget buat kalian penggemar game bergenre Tower Defense. Dikisahkan sekelompok programmer menyerang kantor tempat mereka bekerja karena suatu tuntutan. Disini, pemain berperan sebagai project manager yang harus mempertahankan kantornya dengan menempatkan project manager untuk melindungi kantor dari serangan programmer.

Dengan cara drag and drop menggunakan mouse, pemain dapat menempatkan berbagai jenis project manager dengan senjata-senjata tertentu seperti kertas, laptop, komputer, dan senjata lainnya untuk menghadang serangan dari programmer. Skor akan bertambah setiap programmer yang dibunuh oleh pemain. Terdapat fitur autosave saat pemain keluar ke main menu ditengah permainan berlangsung. Permainan akan berakhir ketika programmer berhasil memasuki gedung kantor.

Game ini dibuat oleh:

  1. Alzahid Muhasabah – 105216052
  2. Akhmal Rizkyanto – 105216038
  3. M. Dzaky Normansyah – 105216007
  4. Farhan Akbar – 105216036
Screenshot Programmer vs Project Manager

[collapse]

9. Magic Type

Magic Type merupakan game yang cocok untuk kalian yang ingin menguji konsentrasi sekaligus melatih kecepatan mengetik sambil bermain. Game bergenre Arcade Shoot ini berlatar belakang di tengah-tengah gedung yang sedang terjadi serangan dari beberapa monster yang turun dari langit dengan membawa balon yang berisikan huruf. Terdapat seorang penyihir yang berada di antara gedung-gedung tersebut, penyihir ini harus membunuh monster yang turun dari langit sebelum monster tersebut menyentuh tanah, jika monster ini menyentuh tanah makan penyihir akan mati.

Game ini dimainkan dengan menggunakan mouse dan keyboard. Mouse untuk klik bagian menu seperti start dan tampilan akhir seperti exit, sedangkan keyboard digunakan untuk memainkan game tersebut. Penyihir dalam game ini harus membunuh monster dengan mengetik huruf yang ada pada balon yang dibawa monster, huruf yang diketik dengan huruf di balon yang dibawa monster harus sama sehingga monster akan mati. Selama penyihir dapat membunuh monster tersebut makan game akan terus berjalan dan score akan bertambah, tapi jika monster menyentuh tanah dan huruf yang diketik dengan huruf di balon yang dibawa monster tidak sesuai makan akan game over ( mati ).

Game ini dibuat oleh:

  1. Riestiya Zain Fadillah – 105216003
  2. Farah Mardiana – 105216005
  3. Ahmad Fauzan Rahman – 105216045
  4. Akbar Nurcahyo – 105216050
Screenshot Magic Type

[collapse]

 


Dokumentasi

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *