E3 2018 : What to Expect

Apa sih E3 itu?

Bagi kawan-kawan yang belum familiar, E3 adalah event tahunan penayangan perdana oleh perusahaan komputer, video game, serta produk bersangkutan untuk mempromosikan produk-produk baru yang akan mereka rilis pada tahun yang akan datang. E3 disajikan oleh ESA (Entertainment Software Association), yaitu asosiasi bisnis yang beranggotakan penerbit-penerbit video game yang berbasis di Amerika Serikat, beberapa anggota ESA yang cukup menonjol adalah: Activition Blizzard, EA (Electronic Arts), Microsoft, Nintendo, Nvidia, Sony Interactive Entertainment, Ubisoft. E3 telah dilaksanakan sejak tahun 1995 dan biasanya dilaksanakan pada bulan Mei atau Juni, event tahun ini akan berlangsung pada tanggal 13 – 15 Juni 2018 (WIB) dengan venue Los Angeles Convention Center, Amerika Serikat.

Apa yang bisa kita harapkan dari acara E3?

Setelah kawan-kawan tahu gambaran umum dari E3, apa yang bisa kita harapkan dari event ini? Seperti yang udah mimin singgung di atas, acara ini sangat kental dengan industri video game, bagi kalian yang passionate dalam industri video game E3 merupakan salah satu event tahunan yang paling kalian tunggu-tunggu, pada acara ini beberapa penerbit video game besar akan mempresentasikan produk-produk terbaru mereka, utamanya konfirmasi video game baru yang akan mereka rilis pada beberapa tahun kedepan namun tidak menutup kemungkinan adanya presentasi hardware atau software baru. Event utama pada tahun ini adalah presentasi produk 8 penerbit video game dan 1 acara yang bernama “PC Gaming Show”, 8 penerbitnya adalah sebagai berikut : EA, Microsoft, Bethesda Softworks, Devolver Digital, Square Enix, Ubisoft, Sony, Nintendo. Semua presentasi akan disiarkan langsung di Channel Youtube Official E3 dan masing-masing penerbit atau Website Official E3 (www.e3expo.com, kalian juga dapat melihat countdown menuju presentasi pertama E3 pada website tersebut), namun Devolver Digital akan menayangkan presentasinya pada Official Account Twitch.tv Devolver Digital, terpisah dari Official Account E3.


Breakdown Presentasi E3 2018

Sekarang mimin mau breakdown satu per satu setiap penerbit beserta prediksi video game yang akan dipresentasikan oleh penerbit.

EA (Electronic Arts)

Battlefield V – Game FPS dari DICE dari seri Battlefield kali ini akan berlatar perang dunia ke-2. seperti Battlefield I yang berlatarkan perang dunia ke-1, game ini akan menyediakan mode single-player, multiplayer skala besar dengan 64 pemain dalam satu pertandingan (32 vs. 32) serta beberapa mode game baru yang diharapkan akan diumumkan saat presentasi EA nanti. Fakta unik, penggunaan angka romawi 5 dalam judul game ini dapat diinterpretasi juga sebagai huruf “V”, “V for Victory” adalah slogan yang digunakan oleh Winston Churchill saat menjabat menjadi Perdana Menteri Inggris di masa perang dunia ke-2.

EA Sports – Kompilasi game dengan genre olah raga dari EA Sports. FIFA 19, Madden NFL 19, NHL 19, NBA Live akan dipastikan muncul dalam segmen EA Sports.

Game Indie – Seperti game “A Way Out” (Rilis Maret 2018) yang diumumkan di presentasi EA tahun lalu, diharapkan EA akan mempresentasikan produk developer indie dari program “EA Originals” (Program EA yang membantu penerbitan game dari developer game independent).

Anthem – Anthem adalah game yang paling diantisipasi oleh gamers dari EA, merupakan game Multiplayer Action RPG, anda dapat mengeksplor dunia game bersama sampai dengan 3 teman anda untuk meningkatkan level anda dalam game dengan menyelesaikan aktivitas yang disediakan menggunakan Exo Suit bernama “Javelin”, diprediksikan EA akan memastikan tanggal rilis Anthem pada saat presentasi.

Microsoft

Tidak banyak informasi yang dibagikan oleh Microsoft menjelang presentasi E3 mereka, namun Microsoft menjanjikan “fantastic lineup of new games for Xbox players at E3 2018”, mimin prediksi bakal ada game Gears of War baru yang akan diumumkan, atau mungkin sedikit menunjukkan gameplay dari game Crackdown 3, kita tunggu saja presentasi dari mereka.

Bethesda Softworks

Fallout 76 – Masukan terbaru seri Fallout setelah Fallout 4 yang rilis pada tahun 2015. Belum banyak yang diketahui mengenai game ini selain disediakannya mode multiplayer dalam game ini, game-game Fallout sebelumnya hanya memiliki single player, angka 76 pada judul game tidak merujuk latar waktu dalam dunia game, melainkan lokasi pertama yang diperkirakan akan menjadi starting point permainan, “Vault 76”.

Rage 2 – Munculnya info keberadaan game ini muncul karena adanya “kebocoran” yang disebabkan salah satu retailer yang tidak sengaja memaparkan Rage 2 dalam websitenya, padahal belum ada konfirmasi dari pihak Bethesda Softworks ataupun id Software mengenai keberadaan Rage 2. Game ini akan memiliki gameplay yang kurang lebih sama seperti game pendahulunya, FPS dengan setting dunia ala film “Mad Max”.

Devolver Digital

Mimin kesulitan memprediksi mengenai apa yang akan disampaikan oleh Devolver Digital, jika kawan-kawan pernah melihat konferensi E3 2017 Devolver Digital pasti akan paham mengapa mimin kesulitan memprediksi.

Square Enix

Kingdom Hearts 3 – JRPG (Japanese RPG) bertemu dengan dunia Disney, bagian ketiga dari seri Kingdom Hearts ini adalah game yang paling diantisipasi dalam presentasi Square Enix, Kingdom Hearts 2 rilis pada tahun 2006 dan walaupun banyak spin-off yang mengisi kekosongan antara Kingdom Hearts 2 dengan Kingdom Hearts 3, kedatangan Kingdom Hearts 3 sudah dinanti-nanti fans seri ini sejak tahun 2006. Diharapkan Square Enix akan memastikan tanggal rilis game di presentasi.

Shadow of the Tomb Raider – Adalah game ketiga dalam seri reboot Tomb Raider. Bercerita tentang Lara Croft yang tidak sengaja memulai hari kiamat suku maya, Lara harus menghentikan kiamat tersebut sambil dikejar organisasi Trinity yang mengejarnya pada game sebelumnya. Diperkirakan tanggal rilis akan dipastikan atau menunjukkan sedikit gameplay dari game tersebut.

Just Cause 4 – Tidak banyak informasi yang dapat dibagikan mengenai game ini selain kepastian bahwa game ini akan dipresentasikan pada presentasi Square Enix. Just Cause 4 tidak sengaja “bocor” di steam pada tanggal 9 Juni 2018 lalu, Square Enix segera menghilangkan page Just Cause 4 dari steam.

Ubisoft

Assassin’s Creed Odyssey – Masukan baru dalam seri kompleks Assassin’s Creed, Odyssey akan berlatarkan waktu Yunani kuno, anda akan berperan sebagai tantara bayaran yang akan menjadi prajurit spartan yang legendaris. Dalam masukan kali ini akan diperkenalkan opsi dialog yang pertama kali diperkenalkan dalam seri ini, dan akan kembali juga elemen RPG yang diperkenalkan pada game Assassin’s Creed Origin.

Tom Clancy’s The Division 2 – Belum banyak informasi yang muncul mengenai game ini, Ubisoft sudah pasti akan mempresentasikan juga menjelaskan perbedaan dan perbaikan apa saja yang mereka lakukan sehingga membedakannya dengan game pertamanya, kita tunggu saja presentasi dari Ubisoft.

Beyond Good & Evil 2 – Merupakan salah satu game yang juga dinanti-nanti para penggemar game yang pertama, Beyond Good & Evil rilis pada tahun 2003, namun karena jumlah penjualan yang kurang memuaskan sequel tidak pernah direncanakan untuk dibuat. Namun Beyond Good & Evil akhirnya memiliki status “Cult Following”, yaitu semakin banyak peminat seiring berjalannya waktu, Akhirnya Ubisoft menayangkan trailer saat E3 2017, belum ada tanggal rilis pada waktu itu, diharapkan tahun ini akan diumumkan tanggal rilisnya.

Sony Playstation

Death Stranding – Dari pembuat seri Metal Gear Solid, Hideo Kojima, Death Stranding adalah game yang bikin mimin sangat bingung, mimin saranin lihat semua trailer Death Stranding yang ada, benar-benar memingungkan namun sangat menarik. Death Stranding pernah ditampilkan di E3 2017 namun belum ada gameplay dan tanggal rilis yang pasti, diharapkan pada tahun ini paling tidak akan ditunjukkan gameplay atau pemastian tanggal rilis.

Marvel’s Spiderman – Dari developer game “Ratchet and Clank” dan “Spyro the Dragon”, Insomniac Games akan mengembangkan game Spiderman untuk PS4. Belum banyak informasi yang bisa didapatkan mengenai game ini sebelum presentasi Sony, namun akan dipastikan adanya gameplay terbaru agar kita semakin terbayang mengenai detail gamenya.

The Last of Us Part 2 – Dari developer favorit mimin yang telah membuat seri “Crash Bandicoot”, seri “Jak and Daxter”, seri “Uncharted” dan tentunya “The Last of Us”, Naughty Dog. Game ini adalah game yang paling ditunggu-tunggu oleh para pemilik konsol PS4. The Last of Us Berkisah tentang seorang ayah yang kehilangan anak perempuannya saat kepanikan munculnya infeksi zombie, Joel menjadi seorang yang angkuh, beberapa tahun berlalu Joel mendapat pekerjaan untuk menyeludupkan seorang anak remaja perempuan yang selama perjalanan akan memunculkan kembali sifat ayah Joel. Part 2 akan melanjutkan dimana Part 1 berakhir, info itulah yang dibagikan oleh Naughty Dog, Naughty Dog tidak ingin membocorkan detail sekecil apapun sebelum presentasi E3 2018, harus sabar menunggu nih.

Nintendo

Super Smash Bros. – Salah satu party game dari Nintendo yang paling populer, belum banyak juga info mengenai Super Smash Bros. sebelum presentasi Nintendo, belum ada video gameplay yang rilis dan sejenisnya, sepertinya kita harus menunggu untuk informasi lebihnya.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan menumbuhkan keingintahuan baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *