Introduction to Big Data

Apa itu Big Data ?
Mahadata atau yang lebih dikenal dengan Big Data adalah isitilah umum untuk segala kumpulan himpunan data dalam jumlah yang sangat besar dan kompleks sehingga menjadikannnya sulit untuk ditangani atau diproses jika hanya menggunakan manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional.

Biasanya Big Data terbentuk dalam data yang berukuran besar hingga petabytes (1024 terabytes) atau exabytes (1024 petabytes) yang menghimpun semua catatan personal seperti nama dan nomor telepon. Catatan personal ini didapat dari berbagai sumber seperti web, media sosial, situs belanja online dan sebagainya.


Tiga Bagian Penting Big Data :

Volume – Organisasi mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti media sosial, transaksi bisnis, sensor, dan masih banyak lagi.

Velocity – Aliran data harus ditangani dengan secara cepat dan tepat bisa melalui hardware maupun software.

Variety – Data yang dengan format yang beragam. Mulai dari yang terstruktur, data numerik dalam database tradisional, data dokumen terstruktur teks, email, video, audio, transaksi keuangan dan lain-lain.


Mengapa Big Data Penting ?

Banyaknya data yang ditampung di big data membantu kita untuk memperoleh wawasan dan informasi untuk kepentingan tertentu seperti bisnis. Dengan analisis big data kita dapat menyusun strategi yang baik dalam mengolah informasi dan mengedintifikasi peluang – peluang baru.

Contoh implementasi penerapan analisis big data :

1. Pemerintah menggunakan analisis big data untuk meningkatkan keamanan negara dari serangan cyber.
2. Industri kesehatan dapat menggunakan analisis big data untuk meningkatkan pelayanan pasien
3. Marketing dapat menggunakan analisis big data untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan layanan yang dipasarkan.

 

Sumber : https://www.codepolitan.com/mengenal-big-data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *