10 Teknologi Terbaik Versi IDC Indonesia

[WEEKEND REFRESH #2]

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan teknologi dengan perkembangannya sudah menjadi sesuatu yang “primer” di era sekarang ini. Indonesia sendiri lambat laun menghasilkan progres yang nyata dalam ekosistem digital. Berdasarkan IDC Indonesia, berikut 10 prediksi transformasi digital yang akan memberi impact kepada perusahaan lokal di tahun 2018.

1. Ekonomi Digital
Ekonomi Digital memiliki konsep dimana informasi teknologi dan ketersediaan jaringan menjadi pemeran utama dalam tata kelola dan aktivitas ekonomi dan sosial. Sekiranya, pada 2021 40% GDP Indonesia akan menjadi digital dengan pertumbuhan industri yang didukung oleh digitally-enhanced offerings, operasi dan hubungan.

2. DX Platform
Strategi platform transformasi digital (DX) akan digunakan oleh 20% perusahaan di 2021 secara organization-wide. Strategi yang diterapkan sebagai inti TI ini diharapkan dapat bersaing dalam ekonomi digital.

3. Cloud 2.0 Distributed and Specialized
Pengeluaran perusahaan untuk layanan cloud-enabling hardware akan mencapai USD 266 juta pada 2021.

4. AI (Artifical Intelligence)
Kecerdasan buatan atau AI juga diprediksi akan memberi pengaruh pada perusahaan lokal. pada 2021, 20% aplikasi perusahaan komersi akan mengunakan AI. Sekitar 30% konsumen akan berinteraksi dengan bot.

5. Aplikasi Hyperagile
Aplikasi Hypergile akan menggantikan aplikasi enterprise dengan 15% pengembangan aplikasi pada platform awan menggunakan fungsi microservices dan fungsi cloud.

6. HD Interfaces
HD interface akan beragam, 10% teknisi lapangan dan infoworker menggunakan aplikasi mobile baru dan 5% dari perusahaan yang menghadapi konsumen di Indonesia menggunakan sensor biometrik hingga augmented reality.

7. Blockchain and digital trust
pada 2020, setidaknya 10% perusahaan Indonesia akan menggunakan jasa ini sebagai fondasi untuk skala digital trust. 20% bank dan 20% organisasi supply-chain akan menggunakan jasa ini dalam produksi.

8. Data Provider
Sebanyak 15% perusahaan Indonesia akan menghasilkan pendapatan dari data provider.

9. Everyone a developer
Pada 2021, pengembangan nontradisional akan membangun 10% aplikasi bisnis dan fitur aplikasi baru (50% pada 2027). perbaikan pada alat pengembangan sederhana akan memperluas jumlah developer non-teknologi selama 36 bulan ke depan.

10. Open API ecosystems
Interaksi layanan digital akan meggunakan ekosistem API terbuka. Hal ini dibuktikan dari peningkatan 5% di tahun 2017. Perusahaan akan memperkuat jangkauan digital mereka jauh melampaui costumer interaction mereka sendiri.

Sumber :
https://inet.detik.com/cyberlife/d-3858025/idc-beberkan-10-prediksi-teknologi-di-2018

https://www.ajarekonomi.com/2017/01/digital-economy-ketika-perekonomian-dan.html?m=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *